Mengatasii Sumber Daya yang Diblokir

Googlebot memerlukan akses ke berbagai sumber di laman Anda untuk merender dan mengindeks laman secara optimal. Misalnya, file JavaScript, CSS, dan gambar harus tersedia untuk Googlebot sehingga Googlebot dapat melihat laman seperti pengguna rata-rata. Jika file robots.txt situs ini tidak mengizinkan perayapan sumber daya ini, hal tersebut dapat memengaruhi seberapa baik Google merender dan mengindeks laman, yang dapat memengaruhi peringkat laman dalam penelusuran Google.
Cara membaca laporan
Laporan ini menunjukkan sumber daya yang digunakan oleh situs yang diblokir untuk Googlebot. Tidak semua sumber daya ditampilkan, hanya sumber daya yang kami rasa berada di bawah kendali Anda.
  1. Laman landas laporan menampilkan daftar host yang memberikan sumber daya di situs yang diblokir oleh aturan robots.txt. Beberapa sumber daya akan dihosting di situs Anda sendiri dan beberapa akan dihosting di situs lain.
  2. Klik host apa pun dalam tabel untuk melihat daftar sumber daya yang diblokir dari host tersebut, dengan jumlah laman di situs Anda yang dipengaruhi oleh tiap sumber daya yang diblokir.
  3. Klik sumber daya apa pun yang diblokir dalam tabel untuk melihat daftar laman Anda yang memuat sumber daya.
  4. Klik laman apa pun dalam tabel yang menghosting sumber daya yang diblokir untuk mendapatkan petunjuk tentang cara membebaskan blokir sumber daya tersebut, atau ikuti petunjuk di bawah tentang Cara membebaskan blokir sumber daya Anda.
Anda dapat bernavigasi mundur pada jalur ini dengan mengeklik tautan yang sesuai pada "jalur runut tautan" yang muncul di bagian atas laman saat Anda mengeklik lebih jauh: Sumber daya yang diblokir > Host pemblokiran > Nama sumber daya yang diblokir.
Cara Mengatasi Sumber Daya Yang Diblokir ~ Salah satu masalah yang membuat kita pusing adalah ketika mendapatkan pesan error sumber daya yang diblokir melalui Search Console atau kita lazim kita sebut Google Webmasters Tools (GWT).
Error ini dapat terjadi karena sumber daya yang digunakan pada blog tidak dapat dirayapi dengan sempurna (diblokir) sehingga Googlebot tidak dapat menggunakannya dengan baik saat merender halaman itu.Hampir bisa dipastikan tidak ada blog yang tidak menggunakan CSS, JavaScript, atau gambar bertautan. Ketika sumber daya tersebut tidak dapat dibaca dengan baik (diblokir) maka Search Console akan memberikan warning ( peringatan ) tersebut bahwa ada pemblokiran yang dilakukan oleh robots.txt.Padahal ketika melakukan ujicoba menggunakan penguji robots.txt di Search Console tidak terdapat pemblokiran alias semuanya di izinkan.
Apabila robots.txt yang Anda pasang pada blog merupakan script yang umum (default robots.txt) digunakan maka sudah bisa dipastikan laporan sumber daya yang diblokir (Blocked Resources Report) akan tampil banyak host yang terblokir. ( lihat gambar di bawah ).

Untuk dapat mengatasi error sumber daya yang diblokir tentulah harus mengetahui File apa saja yang diblokir oleh robots.txt. Hal ini dapat kita lakukan dengan menggunakan render (ambil sebagai Google) di Search Console.
Caranya :
1. Klik Sumber daya yang diblokir ( di Search Console )
2. Klik host (laman yang terpengaruh)
3. Klik sumber daya yang diblokir
4. Klik laman

5. Klik Ambil sebagai Google
6. Klik Ambil dan Render
7. Lihat bagian Status, Bila seluruh maka tidak ada masalah.
8. Bila sebagian maka ada bagian yang terblokir, Klik tanda >>

9. Lihat Tab Merender maka
akan terlihat jenis sumber daya yang diblokir karena Googlebot tidak menemukannya pada halaman tersebut (terblokir) dan harus ditambahkan ke dalam robots.txt agar dibuka blokir nya sehingga dapat ter-crawl dengan baik dan sempurna.

2 komentar

Terima kasih infonya
https://infosekolahsaya.blogspot.co.id/

Cara menambahkan ke robpt. Txt gmn ya gan, maklum pemula


EmoticonEmoticon