Mbok Sarianah Pengasuh dan Sang Inspirator Bung Karno di masa Kecil

Mbok Sarinah adalah sosok wanita sederhana ,,,jujur dan disiplin. perempuan desa paruh baya asal Tulungagung ,,,berkepribadian jawa dan berbudi luhur. Banyak masyarakat umum yang belum tahu tentang sosok beliau . Ia adalah pengasuh bung karno semasa kecil ketika di Tulungagung. Jasa dan pengaruh beliau terhadap bung karno begitu besar dalam kehidupannya. Ajaran tentang Cinta kasih,,tentang kemanusiaan,,tentang Nasionalisme terhadap tanah air di dapatkannya dari Mbok

Sarinah. Wanita yang akrab di sapa Mbok sarinah itu sering menceritakan dongeng2 perjuangan Heroik kepada bung karno kecil sebelum tidur. Ia menemani bung karno makan,,bermain dan tidur. Ajaran yg begitu melekat di telinga bung karno karena hampir setiap hari di dengarnya dari mbok sarinah yaitu tentang Cinta kasih yaitu yg pertama Sayangilah Ibumu,, sayangilah Wong cilik/rakyat kecil,,dan sayangilah manusia pada umumnya. dari sinilah semangat kepedulian Bung Karno terhadap rakyat jelata mulai tumbuh ,,,kesetaraan gender,, dan jiwa patriotisme untuk melawan penjajah Belanda.

"inlah Penggalan Puisi Ajaran Cinta Kasih Mbok Sarinah kepada Bung karno kecil"
"Thole Kusno putraku sing kinasih,,,, yen sliramu wis dewasa perhatekno rakyat sing tansah kekurangan ,,,paribasane awakmu durung dahar yen rakyat isih keluwen wenehne jatahmu kanggo rakyat,,, tuluse batin kencenge pikir donga wong sing tansah susah,,, donga rakyat sing tansah kekurangan,,, nuwuhne semangat kanggomu yen mbesuk kowe dadi penguwasa kanggo majokne Nuswantara"
( Kusno putraku yang terkasih kalau kamu sudah dewasa nanti perhatikan rakyat yg masih kerkurangan,, di umpamakan kamu tidak akan makan kalau rakyatmu masih menderita kelaparan,,, berikan jatahmu dipakai oleh rakyat,,,,,dengan pikiran dan batin yang lurus doakan orang yg menderita kesusahan,,,,doakan orang yg kekurangan untuk menumbuhkan semangatmu kelak kamu jadi penguasa dipakai untuk memajukan Nuswantara).
karena jasa-jasa Mbok Sarinah dan mempengaruhi kehidupannya,,,,,Bung karno menulis buku berjudul "Sarinah ,Kewadjiban Wanita Dalam Perdjoeangan Repoeblik Indonesia " dan membangun sebuah Mall /department store dengan nama Mall Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama setinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Menteng, Jakarta. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1967 oleh Soekarno.
Situs Mbok Sarinah:
Makam : di Kompleks Kepatihan Tulungagung.
Museum : Balai Perpustakaan Tulungagung




EmoticonEmoticon