Cara Menghitung Penghasilan Di Google Adsense

Jenis jenis iklan dalam google adsense Bisa Berupa Teks, Gambar, Multimedia, Flash, Video, Iklan gambar animasi, Audio, Unit tautan Cara Menghitung Penghasilan Google Adsense Disini saya akan menjelaskan istilah, hal atau bagian terpenting dalam perhitungan google adsense,  dalam perhitungan Google adsense ada istilah-istilah yang harus kita ketahui diantaranya adalah :
  • CPC = Singkatan dari (Cost Per Click (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ditentukan oleh pengiklan, CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang di iklankan. Kita tidak tahu berapa Nilai CPC, hanya pihak google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besar nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci tertentu.
  • CTR = Singkatan dari Click Through Rate. Istilah CTR di pergunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sebuah web/blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%
  • CPM= Cost per Mille Dalam istilah indonesia biasa di sebut  BPS (Biaya per Seribu),jadi CPM dan BPS itu artinya sama,yaitu publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.
  • RPM=Revenue Per Thoushand Impression Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. RPM sendiri golongkan dalam 3 hal, seperti yang di bawah ini.
  • RPM Kueri  Pendapatan Kueri per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000. RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000. Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.
  • RPM Halaman Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000. RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000. Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.
  • RPM Permintaan Iklan Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000
Ada beberapa kolom yang ditampilkan dalam pelaporan penghasilan google adsense yang harus kita ketahui :
  • Tampilan Laman yaitu menunjukan jumlah halaman yang dibuka dan terbaca oleh google adsense, kenapa saya jelaskan terbaca, karena menurut pengalaman saya walaupun di google analytic mendapatkan tampilan halaman / pageviews yang banyak, belum tentu di pelaporan penghasilan google adsense juga akan mendapatkan banyak juga, memang ketat ini google adsense menerapkan kebijakan tampilan halaman / page impression ini.
  •  Klik menunjukan jumlah iklan dari google adsense yang diklik oleh pengunjung website / blog kita.
  • RKT Laman, lha ini sebaiknya para webmaster harus jeli melihat ini, persentase RKT Laman jangan terlalu tinggi. Perhitungan untuk menghitung RKT Laman adalah (jumlah klik/tampilan laman) x 100=RKT Laman(dalam %), dari gambar di atas kita bisa menghitungnya tampilan laman = 50, klik = 3, RKT Laman = (3/50)x100=6%, ini hitung-hitungan untuk menghasilkan perhitungan RKT Lamannya.
  • BPK(Biaya per Klik), menunjukan biaya iklan perkliknya.
  • RPM Laman, ini sangat penting sekali sebaiknya kita mendapatkan RPM Laman yang besar, karena dapat mempengaruhi dalam perhitungan penghasilan iklan dari google adsense ini, RPM Laman dipengaruhi oleh jumlah tampilan halaman dan jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung, dan yang terakhir adalah.
  • Penghasilan Taksiran memang memmbuat kita penasaran dan sering kita lihat-lihat terus,tapi pada gambar di bawah ini dan dilingkari adalah perhitungan taksiran harian. berikut ini adalah   perhitungan untuk mengetahui berapa penghasilan kita dari iklan google adsense yaitu, (Tampilan laman / 1000) x RPM Laman = Penghasilan Tertaksir, coba kita praktekan langsung saja, dari hasil prinscreen tadi tampilan laman = 49, RPM Laman atau PPS halaman = Rp88.958, kita hitung penghasilan google adsense = (49/1000) x Rp 88.958 = Rp 4.359. dan perhitungan Taksiran harian adalah 4.359.

Semoga Bermanfaat!





EmoticonEmoticon