Dalam
menjalankan sebuah bisnis, pemilihan media promosi yang tepat sangat diperlukan
untuk bisa berkompetisi dengan pelaku bisnis lain dan salah satu yang saat ini
populer yaitu menggunakan Google Adwords untuk membuat iklan bisnis anda.
Seperti kita ketahui bahwa Google merupakan salah satu hal paling populer di
internet. Google telah mendominasi mesin pencarian atau search engine, dan
menurut sebuah studi akhir-akhir ini lebih dari 70% klik ke halaman website
dihasilkan dari mesin pencarian Google .Dengan
dominasi pasar yang dimiliki, Google menyediakan layanan iklan berbayar dengan
sistem pay per click atau PPC yang dinamakan Google Adwords. Untuk lebih
jelasnya, tetap membaca uraian yang akan saya sampaikan dalam beberapa paragraf
di bawah. Sebelum produk kita dijual kepasaran pastinya kita memerlukan Marketing, entah itu merekrut pegawai baru untuk memasarkannya, iklan di televisi, koran dan yang lainnya. tetapi untuk bisnis Online kita hanya memerlukan sistem yang akan menjalankan bisnis Kita yaitu melalui google AdWords. sebelum melangka pada tahapan selanjutnya ada baiknya kiat perlu tahu apa itu Google Adwords.
Apa itu Google
Adwords?
- Menurut situs Wikipedia, Google Adwords merupakan produk periklanan/Promosi yang disediakan oleh Google dan sampai saat ini masih menjadi penyumbang terbesar pemasukan Google dari sektor periklanan. Google Adwords mengandalkan mesin pencarian Google sebagai basis pemasarannya.
- Jika kita membuka browser di internet dan mencari sesuatu melalui mesin pencarian Google, maka kita akan melihat beberapa area yang mengandung ‘link sponsor’ di bagian atas dan kanan layar. Inilah yang kemudian disebut iklan Adwords. Situs kita akan ditampilkan di area ini jika kita membayar ke Google sesuai dengan keyword atau kata kunci yang kita ajukan saat membuat unit iklan.
Cara System Google AdWords untuk beriklan yaitu:
- Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, di mana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.
- Sistem PPC atau Pay Per Click, di mana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya
Jika Anda seorang pebisnis. Menggunakan jasa AdWords adalah salah satu langkah jitu untuk menjual produk. Seperti halnya beriklan di koran atau televisi, semua butuh pengorbanan, khususnya dana. Namun jangan khawatir, karena AdWords hanya akan dibayar kala iklan itu diklik oleh pengguna.
Semoga Bermanfaat !!!
EmoticonEmoticon