Mengelola Data Pada Website Dengan Search Google Console

Memaksimalkan Fungsi Status indeks

Laporan Status Indeks memberikan data tentang URL yang dicoba diindeks oleh Google di properti saat ini selama satu tahun terakhir. 
Apa yang ada di laporan Status Indeks
Tampilan dasar tentang data hanya menampilkan total nilai yang diindeks. Tampilan lanjutan akan menampilkan data tambahan.
  • Total URL yang diindeks di situs Anda
    Menampilkan total URL yang tersedia untuk ditampilkan di hasil penelusuran, bersama dengan URL lain yang dapat ditemukan oleh Google dengan sarana lain. Jumlah ini berubah dari waktu ke waktu saat Anda menambah dan menghapus laman. Jumlah URL yang diindeks hampir selalu lebih kecil secara signifikan dibandingkan jumlah URL yang dirayapi, karena Total yang diindeks tidak menyertakan URL yang teridentifikasi sebagai duplikasi, bukan kanonis, atau URL yang berisi tag meta noindex.
     
  • URL yang diblokir oleh robot
    Jumlah total URL yang dilarang dirayapi oleh file robots.txt Anda. Jika situs Anda sangat besar, sebaiknya sembunyikan data lain sehingga grafik diskalakan pada rentang yang dapat terbaca.
     
  • URL yang dihapus
    Jumlah URL yang telah Anda hapus dengan alat penghapusan URL.  Sekali lagi, nilai ini seharusnya lebih rendah dibandingkan dengan URL lain dalam laporan ini, jadi lebih mudah untuk melihat pemilihan ini sendiri daripada saat dibandingkan dengan URL lain.

Cara menggunakan laporan Status Indeks

  • Lihat peningkatan stabil dalam grafik. Peningkatan yang stabil dalam jumlah laman yang dirayapi dan diindeks menunjukkan bahwa Google dapat mengakses konten Anda secara reguler dan bahwa situs Anda sedang diindeks.
     
  • Periksa penurunan mendadak. Jika Anda melihat penurunan mendadak dalam jumlah laman yang diindeks, bisa jadi server Anda nonaktif atau kelebihan muatan, atau Google mengalami masalah saat mengakses konten.
     
  • Perhatikan volume indeks tinggi yang tidak biasa untuk situs Anda. Jumlah URL yang tinggi dapat berarti bahwa situs Anda memiliki masalah dengan kanonikalisasi, konten duplikat, atau laman yang dibuat secara otomatis, atau bahwa situs diretas. Dalam banyak kasus, Google akan mengirimkan pesan kepada Anda saat kami mendeteksi masalah dengan situs Anda, jadi pastikan untuk menyetel preferensi pemberitahuan.
     
  • Tinjau perubahan mendadak. Lonjakan atau penurunan yang muncul di beberapa bagan dapat menunjukkan masalah dengan konfigurasi situs, pengalihan, atau keamanan.

Status indeks dan hasil Google Penelusuran situs Anda

Terkadang, data yang kami tampilkan di Status Indeks tidak sepenuhnya dicerminkan di hasil Google Penelusuran. Dalam beberapa kasus, Google dapat menerapkan filter saat menyusun hasil penelusuran, dan filter ini dapat memengaruhi hasil yang ditampilkan di penelusuran. Filter mencakup penghapusan laman karena alasan hukum atau permintaan webmaster, yang merupakan hasil dari situs web yang kami yakini tidak tersedia untuk saat ini, dan hasil yang dihapus karena tindakan spam manual.
Karena filter ini biasanya diterapkan karena masalah sementara yang mendesak, atau tidak seharusnya diminta, dalam beberapa kasus, Google dapat mempertahankan laman di indeks kami selama periode waktu tertentu untuk membantu situs web pulih dengan cepat setelah masalah tersebut diselesaikan (misalnya, setelah situs kembali tersedia)


EmoticonEmoticon