Penyebab Pesawal Delay Ataupun Gagal Take OFF

Penyebab pesawat delay bisa diakibatkan oleh beberapa hal yang secara umum berkaitan dengan Faktor Teknis ataupun bisa di luar kendali manusia seperti yang bisa diakibatkan oleh bencana alam seperti hujan es ,kabut asap ,gunung meletus dll. Delay atau penundaan penerbangan merupakan suatu hal yang bisa terjadi kapan saja  dalam industri penerbangan. tidak ada satu maskapai pun yang bisa bebas dari resiko penundaan ini, karena Faktor teknis, Human error atau diluar kendali manusia. Memang sebagai penumpang pesawat delay dan batal Take Off/ terbang merupakan hal yang meresahkan dan sangat menjengkelkan, apalagi hingga berhari-hari sampai harus menginap di bandara. namun mulai saat ini kita harus berusaha memaklumi alasan kenapa penerbangan bisa tertunda. dan itu juga demi keselamatan para penumpang. Berikut ini beberapa faktor penyebab pesawat mengalami penundaan penerbangan/Take Off diantaranya :
  • Pertama, alasan teknis yang mengharuskan pesawat menjalani perbaikan akibat tiba-tiba ditemukannya kerusakan pada mesin pesawat sehingga jadwal penerbangan pun tertunda.
  • Kedua, faktor cuaca atau alam yang dapat membahayakan penerbangan seperti badai, kabut, asap,gunung meletus hingga bandara tujuan sampai harus melakukan penutupan bandara sementara.
  • Ketiga, adanya insiden atau kecelakaan atau ancaman teroris di bandara yang menyebabkan otoritas menutup sementara bandara untuk upaya pertolongan atau evakuasi.
  • Keempat, pergerakan lalu lintas udara yang sangat padat pada saat jam-jam sibuk sehingga pesawat yang akan mendarat dan tinggal landas harus antri.
  • Kelima, adanya kunjungan istimewa tamu kenegaraan atau pejabat kategori VVIP sehingga penerbangan yang dijadwalkan mendarat atau tinggal landas harus ditahan sementara untuk memberi kesempatan  pesawat yang membawa rombongan VVIP tersebut.
  • Keenam, adanya beberapa rute penerbangan pararel oleh satu pesawat sehingga apabila rute sebelumnya terjadi penundaan penerbangan bisa dipastikan berimbas pada rute pesawat selanjutnya.
  • Ketujuh, sedikitnya jumlah penumpang/Faktor beban yang tidak memenuhi target akibat sehingga pihak maskapai penerbangan terpaksa membatalkan atau menunda jadwal keberangkatan pesawat supaya beban operasional tidak membengkak.
  • Kedelapan, kelakukan penumpang yang bandel seperti datang terlambat, membawa bagasi terlalu besar ke kabin sehingga harus dipindahkan, masih mengaktifkan telepon genggam saat pesawat bersiap take off serta ada ketidaksesuaian antara jumlah penumpang di pesawat dengan yang tercatat di manifest.
  • Kesembilan, faktor manajemen maskapai yang tidak profesional untuk kasus seperti keterlambatan pilot, co-pilot dan awak kabin.
Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan Pesawat terbang  sebagai sarana transportasi , Anda harus sudah siap menerima kondisi dan resiko  jika pesawat mengalami delay/penundaan penerbangan supaya tidak menambah beban pikiran saat melakukan perjalanan. Pihak maskapai penerbangan juga pastinya sudah berusaha maksimal untuk melayani penumpang supaya tidak terjadi penundaan jadwal penerbangan.


EmoticonEmoticon