Mengenal Taris Baris Tunggal dari Bali

Tari Baris Tunggal mengisahkan seorang pemuda yang gagah berani dengan sifat keprajuritan dan kepahlawanannya. Tarian ini penuh dengan irama gerak yang mantap dan tegas wujud dan sikap seorang yang berjiwa prajurit. Tari Baris Tunggal Bali ini mengejawantahkan seorang ksatria muda Bali yang sedang meninjau "daerah kekuasaan" ayahnya yang suatu saat akan dipimpinnya. Penutup kepala berwarna putih, menandakan nilai kesucian dan keluhuran dari seorang  pemimpin.

Tari Baris tunggal,  ternyata tari baris pangalembar kadang juga disebut Tari Baris Solo; disusun koreografinya dan dipentaskan pertama kali sekitar tahun 1932-an;
Tujuan disusunnya tari baris tunggal ini agar tari baris sakral tidak dieksploitasi oleh turis-turis mancanegara yang mulai berdatangan ke Bali.

Jadi, di tahun itu masyarakat Bali telah memulai sebenarnya bagaimana caranya melindungi martabat kesenian dari bisnis jual beli pariwisata dibali  yang semakin berkembang. Waktu itu cara yang dilakukan agar tari-tari sakral tidak dipertunjukan sembarangan maka diciptakan koreografi dari inspirasi dari keberadaan Tari Sakral.


Biasanya tari  tersebut tanpa menggunakan suatu lakon,Wayan Warna menguraikan/mengartikan kata baris sama dengan “leret” dan di berikan pula berupa batasan tentang baris,adalah tari tunggal menirukan gerak pahlawan dalam peperangan atau tarian ke agaman yang ditarikan berpasangan dengan membawa alat – alat perang seperti :bandrangan,cendekan,dadap,perisai,tombak,tamiang dan di mainkan oleh laki-laki.

Tari baris tunggal merupakan tari baris yang sering di pertontonkan.Di maana tarian ini menceritakan tentang seorang prajurit yang gagah perkasa dan berwibawa.oleh karena itu gerak tari Baris Tunggal,sangatlah tegas dan enerjik.Dalam tari Baris Tunggal,di bagi menjadi 3 babak,yaitu :
  1. Papeson
  2. Pelayon
  3.  Pekaad
› BUSANA dan Pakaian
Busana yang di gunakan adalah sangat lengkap terdiri dari :
  1. Badong
  2. Awir
  3. Lamak
  4. Celana panjang
  5. Baju bludru
  6. Stewel
  7. Gelang kan
  8. Gelungan
  9. Keris
  10. Kamben
  11. Angkeb tundu
›  ALAT MUSIK           
Gambelan yang di gunakan untuk mengiringi tari Baris Tunggal,yaitu :
  1. Gong kebyar
  2. Semar pegulingan
  3. Palegongan
  4. Angklung kebyar
  5. Gong suling
  6. Gong gede
  7. Cumang kirang
  8. Gambelan pajogedan
  9. Gambelan pegandrungan
Komposisi tabuh yang di gunakan untuk mengiringi tari Baris Tunggal biasanya terdiri atas :
  1. Gilak papeson
  2. Gilak bapang
  3. Gilak pekaad
› TATA RIAS
Hiasan pada tari baris tunggal biasanya menggunakan hiasan  kepala yang berbentuk kerucut, serta hiasan lamak, kostum pakaian didominasi warna merah dan putih yang artinya berani dan suci, sangat serasi dengan karakter tarian tersebut ditarikan oleh seorang laki-laki dengan tegas dan enerjik dan penuh wibawa.

› MACAM MACAM GERAK
Dalam tari Bali khususnya tari Baris tunggal, ragam geraknya terdiri dari empat unsur
gerak, yaitu: (1) Agem adalah sikap pokok seorang penari, tandang adalah gerakan
berjalaan, tangkep adalah ekspresi seorang penari, dan tangkis adalah perpindahan
gerak dari gerak satu ke gerak lainnya

  • Ragam gerak          : Agem
        Tanda                     : menyerupai  huruf  “T”
        Penanda                  : Postur tubuh yang tegap, tangan  kanan  serang mata
                                       Dengan  tangan kiri

  • Ragam gerak            : Malpal atau Berjalan
         Tanda                      : Gerakan kaki
         Penanda                   : Menggerakan kaki bergantian seperti sedang berjalan


  • Ragam gerak            : Ngeraja Singa
         Tanda                       : Telapak tangan kiri membuka dan menghadap depan dengan tangan kiri                                             ditekuk di depan dada dan tangan kanan mengarah ke sudut kanan atas                                               dengan  lengannya sedikit di tekuk.
        Penanda                     : Gerakan telapak tangan yang di buka sehingga terlihat seperti kuku                                                    binatang buas (singa)


  • Ragam gerak              : Ambil Pajeng atau Ambil Payung
        Tanda                         : Tangan kiri lurus ke sudut kiri atas dan tangan kanan serang susu                                                      dengan membentuk sudut 90°
         Penanda                     : tangan kiri bergerak seolah olah akan  mengambil payung.


  • Ragam gerak              : Tayong
       Tanda                          : kedua tangan direntangkan sejajar bahu dan kaki dibuka lebar dengan                                                 posisi ngaed/mendhak
        Penanda                      : tangan bergerak mengayun mengikuti gerakan  kaki yang sedang                                                       berjalan.


  • Ragam gerak             : napdap gelung atau megang gelang
         Tanda                        : tangan kanan memegang gelung dan tangan kiri membentuk sudut 90°
         Penanda                     : tangan kanan bergerak seperti memegang dan membenahi gelungan                                                  yang dipakai.


  • Ragam gerak             : mungkah lawang atau  mbuka pintu
         Tanda                        : telapak tangan disilingkan di dekat wajah
         Penanda                     : menggambarkan sikap siap untuk memulai tarian


  • Ragam gerak             : Ngombak lantang
         Tanda                        : tangan kanan serang mata dan tangan kiri atas mengarah ke sudut kiri                                                bawah dan tangan kiri bawah menghadap depan
         Penanda                     : tangan digerakkan  sehingga menyerupai ombak dan kaki mengikuti                                                   gerakan  tangan.


EmoticonEmoticon